Sabtu, 21 April 2018

KE(SOK)SIBUKAN YANG LAIN

If you can't figure out your purpose, figure out your passion. For your passion will lead you right into your purpose 💪

dok. pribadi
Selain kesibukan saya membaca, menulis, sesekali ngeblog, (tak tahu apakah ini bisa disebut kesibukan atau tidak ✌) saya juga suka melakukan banyak hal lain. Dua hal  yang sering saya lakukan selain aktivitas di atas adalah baking dan motret. Kalau sudah mengaduk dan mengulen-ngulen adonan, bisa sampai lupa waktu. Kalau kamera sudah di tangan, fokus saya sudah tidak bisa lagi dialihkan ke lain hal. Oh, saya tegaskan, saya bukan fotografer, lho ya! Cuma suka mengutak-atik properti, mengeluarkan ide-ide dalam kepala, lalu dijeprat-jepret. Saya tidak tahu julukan apa tepatnya yang harus diberikan untuk aktivitas ini 👱

dok. pribadi
Ngomong-ngomong soal passion atau bakat dan apapun namanya, seberapa banyak orang yang masih serius menekuninya? Passion yang bagi sebagian orang hanyalah kegiatan yang membuang waktu dan tenaga. Hari begini, tuntutan hidup sangat tinggi. Dibutuhkan uang yang tidak sedikit agar dapat bertahan, harusnya hal-hal yang dilakukan lebih bermanfaat dan mendatangkan uang banyak. Apalagi manusia-manusia generasi milenial sekarang ini sedikit banyak sepakat bahwa hal-hal yang seharusnya dicapai adalah kemapanan, kepopuleran, dan sebagainya.  

dok. pribadi
Sudah cukup lama saya melakukan hobi ini meski yang saya capai masihlah sedikit. Entah mengapa saya tidak tertarik untuk berkecimpung di dunia profesi lain yang dianggap banyak orang lebih layak, lebih prestisius, yang menjadikan derajat diri lebih tinggi daripada sekedar melakukan hal-hal tidak jelas sepeti menggeluti passion. Pro dan kontra pun berdatangan dari orang-orang terdekat saya. Sebagian mendukung. Sebagian lagi tidak, berkata saya hanya buang waktu dan tak punya tujuan. Bukan hanya sekali dua kali saya dibanding-bandingkan dengan mereka yang sudah lebih sukses, punya karir cemerlang, berdompet tebal, sibuk wara-wiri ke sana sini, dan saya masih tak peduli atau iri. Saya tak pernah ingin menjadi seperti mereka, dan mereka mungkin lebih tidak ingin menjadi seperti saya 😏.

Yeah, some people may speak ill of me.  But, what if the thing I want to achieve isn't money or popularity? I just want to satisfy myself through what I want to do, follow my heart, do my passion, no matter it will bring in a lot or little money. There are some people out there who choose to be poor as long as they can pursue their passion, and I think I am part of them. Life only once and I don't want to regret! But, it doesn't mean I want to say that people who do the opposite of what I do is bad. Everyone has their own choice....

dok. pribadi
Dan, bukan rahasia lagi kalau sebenarnya banyak bidang kreatif yang bisa mendatangkan uang. Ada banyak orang yang menjadikan hobi sebagai cara mengisi pundi-pundi. Tak perlu menyangkal hati, memaksa diri untuk melakukan hal-hal yang tidak disukai demi uang.

Nah, setelah sekian lama menekuni hobi ini (baca, tulis, memasak, dan motret) agaknya saya sudah menemukan muara yang ingin saya tuju. Ada sebuah rencana dimana saya bisa melakukan semua hobi tersebut sekaligus, sekalian bisa menambah isi dompet. 

dok. pribadi
Wish me luck! 👊



(Bila berkenan, kunjungi akun instagram berikut untuk melihat hasil karya-karya saya yang tidak seberapa @indiwar.sugar dan @dian.literature)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar